Kebiasaan cerdik cegah penyakit tidak menular

Kebiasaan cerdik cegah penyakit tidak menular

Menurut WHO, tiga dari lima penduduk meninggal karena penyakit tidak menular. Pada tahun 2010, WHO melaporkan bahwa penyakit tidak menular diperkirakan meningkatkan kematian sebesar 17 % dalam dekade mendatang. Pada tahun 2030, penyakit tidak menular ini diproyeksikan mengancam kehidupan 52 juta orang. Setiap tahun, 9 juta orang berusia di bawah 60 tahun meninggak akibat penyakit tidak menular.

Di Indonesia, penyakit tidak menular ini menjadi penyebab terbanyak kematian penduduk. Berdasarkan data Riskesdas tahun 2007, kematian yang diakibatkan oleh penyakit ini pun menunjukan peningkatan yang cukup signifikan dibanding tahun 1995 yaitu 41,7 % (SKRT 1995). Penyakit tidak menular didominasi oleh penyakit stroke, hipertensi, diabetes mellitus dan tumor ganas.

Perlu kita memahami, apa saja faktor risiko penyakit tidak menular, berikut dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini:

Empat besar penyakit tidak menular dan faktor risikonya

Setelah kita memahami faktor risikonya, mari bersama kita lakukan pencegahan penyakit tidak menular dengan CERDIK. Kebiasaan cerdik dapat mencegah penyakit tidak menular. Apa itu CERDIK ?

CERDIK adalah

Cek kesehatan secara rutin

Enyahkan asap rokok

Rajin aktivitas fisik

Diet seimbang

Istirahat cukup

Kelola stress

Dengan kebiasaan Cerdik dapat mencegah penyakit tidak menular.

Ditulis oleh : Nur Idayanti, SKM 

Tanggal :  1 Juli 2014

Sumber : KKP SemarangÂ